Penyebab Kredit Macet & cara menyelesaikannya

Penyebab Kredit Macet & cara menyelesaikannya

gadai-kredit-motor

Sempatkah Anda mendengar arti credit macet? Credit macet yaitu satu kondisi di mana seorang nasabah tak dapat membayar lunas credit bank pas pada waktunya. Credit macet punya potensi tak memberi pendapatan atau bahkan juga menyebabkan kerugian.

Penyebabnya Kredit Macet

Credit macet atau non performing loan (NPL), jadi satu diantara penyakit yang dapat menghalangi perubahan bidang layanan keuangan. Apa sebagai penyebabnya terjadinya hal itu. Credit macet dikarenakan oleh beragam aspek, baik aspek internal ataupun eksternal.

Aspek internal penyebabnya munculnya credit macet yaitu penyimpangan dalam proses prosedur perkreditan, niat kurang baik dari yang memiliki, pengurus, atau pegawai bank, lemahnya system administrasi serta pengawasan credit dan lemahya system info credit macet.

Sedang aspek eksternal penyebabnya munculnya credit macet yaitu kegagalan usaha debitur, musibah pada debitur atau pada aktivitas usaha debitur, dan berkurangnya aktivitas ekonomi serta tingginya suku bunga credit. Lihat simulasi gadai kredit motor disini

Terkecuali beberapa aspek di atas penyebabnya yang lain yang memengaruhi terjadinya credit macet adalah

1. Kekurangan dalam analisis credit, ini dapat dikarenakan oleh beragam hal salah satunya yakni lemahnya kebijakan serta sop analisis credit, kurangnya kekuatan pegawai dalam menganalisa credit serta kurangnya info yang di terima bank.

2. Bank sangat ekspansif, untuk menguber tujuan penyaluran credit bank meremehkan segi analisis yang baik atau menurunkan tingkat kehati-hatiannya.

3. Kisah nasabah, kisah nasabah jadi hanya satu basic ketentuan credit, hingga meremehkan analisis credit.

4. Asal ada agunan, bank cuma lihat agunan sebagai basic ketentuan pemberian credit, hingga beberapa aspek analisis yang lain terlewatkan.

5. Realisasi credit yg tidak pas saat, ketentuan serta pencairan credit yang sangat lama, mengakibatkan nasabah tidak bisa membagikan dananya sesuai sama kebutuhannya.

6. Plafon credit yang tidak cocok keperluan nasabah. Plafon credit yang sangat kecil mengakibatkan nasabah tidak bisa memakai dananya dengan maksimal, hingga mungkin saja bakal menghalangi usahanya. Sedang plafon credit yang sangat besar mengakibatkan nasabah tidak bisa penuhi kewajibannya

Lebih lengkap lihat disini: http://www.mybpkb.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *